Minggu, 28 Oktober 2018

Pengurangan, Pengelolaan Dan Pemanfaatan Sampah Dapat Meningkatkan Kesejahteraan Warga Masyarakat Kota Bekasi




Kota Bekasi merupakan salah satu kota yang terdapat di provinsi Jawa Barat , yang menjadi bagian dari megapolitan Jabodetabek dan menjadi kota satelit dengan jumlah penduduk terbanyak se-Indonesia.
Saat ini kota Bekasi berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban dan sentra industri, dengan jumlah penduduk yang  padat, diiringi dengan jumlah limbah rumah tangga yang makin meningkat.

Sebagai kota yang menyandang julukan Kota Patriot atau Kota Pejuang ini pun tidak luput dari masalah kebersihan. Seiring dengan kepadatan penduduknya, sampah merupakan salah satu persoalank krusial yang sampai saat ini masih menjadi perdebatan. Kebiasaan dari penduduk yangb belum menyadari adalah pentingnya menjaga kebersihan.

Jum'at lalu, 26 Oktober 2018, saya bersama Komunitas Sahabat Blogger yang menjadi peserta IWITA Bekasi berkesempatan menghadiri acara "Advokasi Peran Masyarakat Dalam Pengelolaan Lingkungan Melalui Pelatihan Daur Ulang Sampah Di Kota Bekasi", yang bertempat di Hotel Horison, Bekasi Barat. Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi ini dihadiri oleh :

  1. Deputi Bidang Kesetaraan Gender Ibu Agustian Erni
  2. Sekretaris P3A Bapak Jaya Eko Setiawan SH,
  3. Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Bapak Suudi
  4. Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bekasi Ibu Tetet Heryati
  5. Kabid KPPPA Bekasi Kota Bapak Ari Tazmara www.dlh.bekasikota.go.id Instagram : @aksilingkunganhidup
  6. Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Bapak Ir.Themy Kendra Putra M.Si,
  7. Komunitas Sahabat Blogger
  8. IWITA (www.iwita.id

Pak Suudi menjelaskan bahwa dalam memandang tentang sampah sebaiknya perlu cermat memahami dengan jeli terhadap sampah. “Kita adalah produsen sampah”

"Sampah yang dibuang di sembarang tempat dapat menjadi sumber permasalahan sosial. Permasalahan sosial yang kerap timbul yaitu adanya bau yang tidak sedap sehingga berakibat saling menyalahkan antar sesama. Hal ini tentu akan berefek tidak baiknya hubungan bersama masyarakat." papar Pak Suudi.


Kebiasaan Membuang Sampah Sembarangan


Sampah adalah sesuatu yang tidak digunakan, tidak dipakai, tidak disenangi atau sesuatu yang dibuang yang berasal dari tangan manusia dan tidak terjadi dengan sendirinya (definisi dari WHO).
Menurut UU RI No 18 tahun 2008 tentang sampah adalah sisa kegiatan manusia sehari-hari dan proses alam yang berbentuk padat.

Kebiasaan membuang sampah sembarangan sudah menjadi hal yang biasa dilakukan warga masyarakat, tidak sedikit dari mereka yang membuang sampah di sungai, kali, selokan, bahkan lahan kosong yang ada disekitar, meskiun ada juga warga yang konsisten menjaga kebersihan lingkungan, tapi bisa dihitung dengan jari jumlah orangnya.

Kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan ini ternyata tidak dilakukan oleh orang dewasa saja, anak-anak pun ikut meniru perilaku orang-orang dewasa, aduh koq rasanya miris banget ya.

Setiap hari, kota Bekasi harus merelakan 1529 ton sampah per hari pada tahun 2015, dan pada tahun 2016 diperkirakan meningkat menjadi 1750 ton sampah per hari (vivanews.co.id., 4 Januari 2016).
Pertambahan sampah yang naik hampir 2,5 % setiap tahunnya menjadi persoalan krusial bagi masyarakat kota Bekasi, khususnya sampah-sampah plastik yang
sulit untuk dihancurkan.

Untuk mengurangi tumpukan sampah ini, pemerintah setempat telah melakukan berbagai cara dilakukan, mulai dari membuat pupuk kompos hingga mendaur ulang sampah menjadi alat-alat rumah tangga atau lainnya yang dapat dimanfaatkan lagi.

Namun, penanggulanan tumpukan sampah tersebut belum menimbulkan dampak yang berarti di masyarakat. Karena masih saja banyak kita temukan tumpukan sampah di mana-mana, tidak hanya diterminal, dijalan, dipasar, maupun di TPS.



Dampak Negatif Membuang Sampah Sembarangan


Membuang sampah sembarangan otomatis akan menimbulkan dampak negatif yang sangat merugikan bagi warga masyarakat, diantaranya :
  • Menjadi Sumber Penyakit, lingkungan sekitar yang tercemar, menjadi kotor dan tidak sehat menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit.
  • Memicu Terjadinya Bencana Alam, sampah yang dibuang disembarang tempat akan menyumbat saluran-saluran air, sehingga timbul banjir, tumpukan sampah yang menggunung bisa mengakibatkan longsor, dan sumber-sumner air yang berada disekitar tempat pembuangan sampah juga bisa tercemar.  


Pengurangan Dan Pengelolaan Sampah


Dari persoalan di atas, terlihat masih minimnya sistem pengelolaan yang tepat sasaran dalam penanggulanangan sampah, khususnya dalam mengurangi sampah-sampah, terutama sampah plastik yang ada. Pengelolaan sampah berbasis 
partisipasi masyarakat memerlukan manajemen yang matang, sehingga proses dari pengumpulan sampah sampai pada tempat penampungan sampah dapat berjalan dengan baik.

“67% sampah berupa organik dan 32,8 berupa sampah an organik. Dari sampah organik akan diolah untuk dibuat pupuk kompos, sedangkan sampah anorganik dikelola dengan sistem 3R. Hal ini dilakukan agar mengurangi timbunan sampah dan bisa menghasilkan uang. Jadi perlu adanya pemilahan sampah untuk menjaga kesehatan warga masyarakat. ” ungkap Pak Suudi 

Seringnya program gagal diakibatkan belum adanya manajemen yang baik dalam pengelolaannya.
Oleh sebab itu, manajemen sangat diperlukan dalam pengelolaan sampah. Apalagi jika kita mendengar yang namanya bank, sejauh ini proses manajemennya sudah tersistem dengan baik dan didukung dengan pelayanan yang terpadu.

Dalam kebijakan pemerintahan, khususnya Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yakni Undang-undang No. 18 Tahun 2008 tentang 
Pengelolaan Sampah. Dan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012 yang menyampaikan bahwa perlunya perubahan paradigma mendasar dalam pengelolaan sampah di masyarakat yaitu dari paradigma mengangkut, membuang menjadi pengelolaan yang bertumpukan pada pengurangan sampah dan penangan sampah.

Kegiatan ini menuntut partisipasi seluruh lapisan masyarakat, pemerintah, dan dunia usaha untuk berperan aktif dalam pengurangan sampah dalam melaksanakan pembatasan timbulan sampah, pendauran ulang, dan pemanfaatan kembali sampah atau yang biasa dikenal dengan istilah 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) melalui upaya-upaya yang cerdas, efesien dan terprogram.




5 Unsur Penting Dalam Pengelolaan Sampah


Ir. Themy Kendra Putra, M.Si. menjelaskan tentang pengembangan bank sampah ramah lingkungan menuju teknologi informasi. Salah satu dosen yang mengajar di sebuah perguruan tinggi ini menjelaskan bahwa bukan saja sampai 3R namun sampai 5R, yaitu Reuse, Reduce, Recycle, Replace, dan Replant.

Pengelolaan sampah yang baik harus memiliki 5 unsur penting, yaitu :
  1. Reduce (Mengurangi), adalah pengelolaan sampah dengan cara menghindari dari berbagai barang yang kiranya tidak dapat didaur ulang atau diperbaharui. Sebaiknya jika ingin berbelanja kita tidak menggunakan kantong plastik, gantilah dengan tas bahan kain atau kantong kertas.
  2. Reuse (Penggunaan Kembali), ini merupakan kegiatan untuk menggunakan kembali material atau bahan yang layak pakai agar bisa dimanfaatkan kembali. Botol atau kaleng bekas bisa dijadikan celengan, pot bunga atau sesuai ide dan kreativitas kita masing-masing.
  3. Recycle (Mendaur Ulang), yaitu pengelolaan dan pengurangan sampah dengan metode mendaur ulang atau mengolah kembali sampah yang ada. Sampah organik bisa diolah lagi menjadi pupuk kompos dan untuk plastik, kaleng juga botol bisa diolah menjadi kerajinan tangan yang indah.
  4. Replace (Mengganti), merupakan kegiatan untuk mengganti pemakaian suatu barang atau memakai barang alternatif yang sifatnya lebih ramah lingkungan dan dapat digunakan kembali nantinya. Harapannya adalah kegiatan ini mampu untuk mengubah kebiasaan seseorang dan dapat mengurangi populasi sampah yang semakin hari berkembang biak dan sudah membludak.
  5. Replant (Penanaman Ulang), suatu kegiatan menanam berbagai macam jenis tanaman untuk mengurangi pemanasan global, program Reboisasi adalah salah satunya.

Dengan menerapkan kelima hal tersebut diatas diharapkan dapat mendapatkan hasil yang maksimal dalam pengelolaan sampah.





Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup Dengan Bank Sampah


Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Bekasi menargetkan dapat meraih Piala Adipura. Keberhasilan dalam meraih adipura dapat dilakukan dengan turut sertanya masyarakat Kota Bekasi dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Partisipasi masyarakat sangat penting dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan hidup. Partisipasi masyarakat dapat dilakukan pula melalui para relawan yang bersama-sama melakukan kegiatan kepedulian lingkungan. Salah satunya adalah bank sampah gerakan peduli lingkungan yang mengelola 1.019 bank sampah yang tersebar di 56 kelurahan se-Kota Bekasi. 

Bank Sampah adalah sebuah upaya gerakan swadaya masyarakat dalam mengurangi sampah dengan cara memilih dan memilah serta memanfaatkan kembali sampah yang kiranya masih terdapat nilai ekonomi.



Bank Sampah Memiliki Konsep Dasar (5M)


  1. Mengurangi Sampah
  2. Memilah Sampah
  3. Memanfaatkan Sampah
  4. Mendaur Ulang Sampah
  5. Menabung Sampah.


Tujuan Bank Sampah


Adalah untuk solusi reduksi sampah di tingkat masyarakat karena kemampuannya yang menjadi bagian dari sistem rantai pengumpulan sampah yang terintegrasi.

Mengurangi sampah sebaiknya tidak dengan cara dibakar, karena dengan membakar sampah malah akan melepaskan zat karbon dikosida (CO²) dan zat-zat yang berbahaya lainnya yang menyebabkan kanker dan gangguan saluran pernapasan. Daripada dibakar, lebih baik dikubur didalam tanah.



Pentingnya Manajemen Pengelolaan Bank Sampah


Kesadaran dari masyarakat yang masih rendah terhadap pentingnya memilah sampah dari asalnya masih perlu ditumbuhkan terus, kesadaran yang merata diperlukan dari berbagai lapisan masyarakat.

Ketika pemilahan sampah sudah dilakukan di bank sampah, kemudian sudah ditentukan pihak industri yang mau menampung sampah- sampah khususnya sampah yang bisa di daur ulang. Hal ini tentu akan memudahkan masyarakat dalam mengelola
pembuangan sampah seperti pemilahan sampah kering maupun basah, sudah ada penampung tetap yang membelinya. Jadi jika demikian alur distribusi sampah tidak menumpuk di bank sampah.

Oleh sebab itu, manajemen pengelolaan bank sampah, khususnya di kota Bekasi dan kota-kota lainnya perlu dikaji ulang, pengontrolan masih lemah terhadap
penyelenggaraan bank sampah ini. Terkadang hanya bersifat euphoria sesaat, misalnya ketika trend bank sampah muncul, kemudian ikut-ikutan dalam pembangunan bank sampah. Pihak pengelola bank sampah itu sendiri, selain menerapkan target, menambah nasabah, meningkatkan layanan, dan tentunya diperlukan juga terobosan-terobosan baru dari bank sampah dengan menerima berbagai macam produk yang dapat dijadikan uang oleh
masyarakat. Banyak sistem pengelolaan sampah yang dapat dijadikan acuan untuk pengelolaan sampah dari terbuang menjadi berdaya guna atau lebih dikenal dengan istilah “trash to cash” .

Kesadaran masyarakat dan pemerintah dapat dibangun dengan melakukan kerjasama yang intens dalam penanganan masalah sampah ini. Selain itu,
pemerintah juga mampu merangkul stakeholder untuk turut serta dalam mengembangkan sampah, maka lingkungan tempat tinggal masyarakat terbebas dari tumpukan sampah, bersih, dan bebas dari penyakit.




Strategi Branding Produk Daur Ulang ala Ibu Martha Simanjuntak


Founder IWITA.ID, Martha Simanjuntak


Produk-produk daur ulang yang telah dihasilkan dari sampah memerlukan adanya pemasaran secara berkelanjutan. Produk yang hasilnya biasa saja ternyata bisa disulap menjadi sebuah produk yang kualitasnya tidak kalah bagus dari produk sejenisnya. 

Ibu Martha Simanjuntak selalu Founder IWITA.ID ini berbagi ilmu kepada semua peserta yang hadir, dan keseruan mulai hadir saat sesi ini berlangsung.


Tips Membuat Konten Kreatif Marketing

- Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh semua pengguna internet. Terutama pangsa pasar bagi produk yang akan dijual.
- Memberikan informasi produk secara rinci, singkat dan jelas.
- Story telling atau bahasa bercerita, jangan pakai bahasa yang langsung mengajak untuk membeli, tapi berceritalah lebih dahulu.


Beberapa produk hasil daur ulang


Praktek cara membuat foto produk yang benar
 untuk dipasarkan secara online




Ibu Martha menjelaskan tentang "Bagaimana Caranya Menciptakan Strategi Branding yang Komprehensif".

Konsep Strategi Branding






Para peserta yang hadir diharuskan untuk langsung mempraktekkan ilmu yang disampaikan oleh ibu Martha, dengan maksud agar lebih paham dan bisa secepatnya direalisasikan.



Tentang IWITA


IWITA (Indonesia Women Information Technology Awareness) adalah Organisasi Perempuan Indonesia Tanggap Teknologi Informasi sebagai organisasi berbadan hukum yang memiliki ‘positioning’ mencerdaskan Perempuan Indonesia melalui Teknologi Informasi.



Program Kegiatan IWITA


IWITA aktif dalam berbagai kegiatan dan bekerjasama dengan berbagai stakeholders diantaranya :
a. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, pelatihan, seminar, lokakarya, sosialisasi, promosi dan lain sebagainya yang berhubungan dengan bidang perempuan dan teknologi informasi.
b. Memberikan masukan kepada Pemerintah berkaitan dengan regulasi dan kebijaksanaan yang menyangkut bidang teknologi informasi.
c. Menghimpun, mengelola dan mengembangkan bahan kepustakaan yang berhubungan dengan bidang perempuan dan teknologi informasi.
d. Menerbitkan bulletin, jurnal maupun dokumen lainnya baik untuk kepentingan anggota, masyarakat umum dan pemerintah Republik Indonesia.
e. Mengadakan kerjasama dengan asosiasi lainnya baik di dalam maupun di luar negeri.






Continue reading Pengurangan, Pengelolaan Dan Pemanfaatan Sampah Dapat Meningkatkan Kesejahteraan Warga Masyarakat Kota Bekasi

Rabu, 24 Oktober 2018

Saatnya Untuk Peduli Bersama Tupperware Indonesia




Tiap orang pasti ingin sehat, ingin bisa melakukan banyak hal, dengan tubuh yang sehat dan bugar sepanjang waktu akan memungkinkan kita untuk bisa melakukan berbagai aktifitas secara maksimal. Kesehatan tubuh menjadi hal penting yang harus diperhatikan, namun tidaklah mudah untuk mendapatkan tubuh yang sehat, mengingat tubuh kita juga bisa rentan terhadap adanya penyakit.

Beragam jenis penyakit bisa hinggap ditubuh kita, kapan saja bahkan disaat yang tak terduga oleh kita. Untuk penyakit ringan dan sekiranya bisa kita tangani sendiri sih tidak perlu repot kedokter lah yaa. Mungkin kita bisa minum obat yang tersedia dirumah, atau mungkin kita bisa membuat sendiri obat herbal yang kita butuhkan. Tapi jika ternyata penyakit yang hinggap ditubuh kita termasuk dalam kategori berat atau parah, sebaiknya sesegera mungkin kita harus ke dokter.

Kebiasaan yang sering kita temui disekitar kita adalah kalau penyakitnya sudah parah, baru mau pergi ke dokter, dan akhirnya terlambat untuk mendapatkan pertolongan dokter. Nah inilah yang harus segera dirubah jalan pemikirannya. Sebaiknya jika kita sakit maka segeralah pergi ke dokter, untuk mendapatkan pertolongan, konsultasi, dan pengobatan yang baik dan benar, sesuai dengan kondisi saat kita sakit.


dr. Petsy dan mba Cindy Selaku Brand Communication Tupperwere PIM


dr. Petsy yang didaulat untuk memberikan penjelasan mengenai Kanker Payudara (Breast Cancer) kepada teman-teman blogger saat acara talkshow bersama Tupperware dan Komunitas Lovepink yang bertempat di Tupperware Showroom, Pondok Indah Mall 2, Jakarta Selatan. Lovepink merupakan sebuah organisasi yang fokus pada kesadaran kanker payudara. Kehadiran komunitas ini tidak hanya mendampingi sesama perempuan pengidap kanker payudara namun juga menjadi sahabat yang saling berbagi dukungan moral.



Faktor Penyebab Kanker Payudara (Breast Cancer)


Faktor-faktor yang bisa menjadi penyebab kanker payudara adalah
  1. Faktor genetik atau adanya riwayat keluarga menderita kanker.
  2. Faktor hormon misalnya usia haid pertama kurang dari 12 tahun, usia menopause lebih dari 55 tahun, kehamilan pertama pada usia lebih dari 35 tahun, nulipara (hamil 1x), faktor menyusui, menggunakan kontrasepsi hormonal.
  3. Faktor lingkungan dan gaya hidup seperti merokok, pola makan yang tidak sehat, konsumsi alkohol berlebihan, dan kurang aktifitas fisik. Lebih dari 30% kematian akibat kanker disebabkan oleh faktor risiko yang disebabkan oleh perilaku dan gaya hidup yang tidak sehat. Dan, lebih dari 30% juga, penyakit kanker dapat dicegah dengan cara mengubah faktor risiko perilaku pola makan penyebab kanker.

Faktor genetik merupakan faktor risiko terjadinya kanker payudara, sehingga jika mempunyai riwayat keluarga kanker, baik itu kanker payudara maupun menderita kanker yang lainnya, disarankan untuk melakukan skrining dini baik SADARI (periksa payudara sendiri) dan SADANIS (periksa payudara klinis) untuk kanker payudara dan pap smears untuk deteksi dini kanker serviks, dan pemeriksaan tumor marker. Jika tidak ada riwayat keluarga penderita kanker, kemungkinan untuk menderita kanker payudara tetap ada walaupun kejadiannya lebih rendah dibandingkan dengan yang memiliki riwayat keluarga atau faktor genetik.

Salah satu faktor penyebab utama terjadinya kanker selain faktor genetik adalah faktor perilaku dan gaya hidup yang tidak sehat misalnya merokok, pola makan tidak sehat, minum alkohol berlebihan, kurang beraktifitas fisik, dan lain-lain. Oleh karena itu, untuk mencegah kanker termasuk kanker payudara disarankan untuk mulai melakukan perubahan perilaku dan gaya hidup terutama menjalani pola makan sehat dan rutin melakukan aktifitas fisikl atau olahraga



Faktor Yang Mendukung Kesembuhan Kanker Payudara (Breast Cancer)


Harapan hidup penderita kanker cukup tinggi yaitu sekitar 85-95% jika kanker payudara diketahui pada stadium awal, namun yang sering terjadi adalah sekitar 70-90% penderita datang ke rumah sakit sudah dalam kondisi stadium lanjut, sehingga pengobatan atau terapi yang diberikan pada stadium lanjut sangat sulit dan tidak memuaskan yang menyebabkan harapan hidup penderita kanker payudara pun menurun.

Faktor yang mendukung kesembuhan adalah melakukan pemeriksaan atau follow up rutin setelah mendapatkan pengobatan atau terapi seperti operasi untuk mengenali adanya kekambuhan, adanya kanker baru, adanya komplikasi terapi, dan memberikan edukasi untuk perubahan gaya hidup sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya kanker baru. Selain itu, pendekatan secara psikologis atau support dari keluarga juga merupakan faktor yang penting untuk mendukung kesembuhan penderita.


Mengiris Tipis Dengan Speedy Mando



Peragaan membuat salad sayuran segar menggunakan Speedy Mando


Nah yang lebih serunya lagi adalah saat peragaan membuat salad sayuran segar dengan menggunakan Speedy Mando, yaitu salah satu produk Tupperware dengan inovasi yang mutakhir nih untuk mengiris tipis kini bukan lagi masalah. 

Speedy Mando memiliki 2 mata pisau stainless berkualitas, kita bisa hasilkan irisan setipis 1mm 2duakali lebih presisi, konsisten, cepat, dan lebih praktis daripada pisau konvensional. Irisan yang dihasilkan pun memiliki tipis yang merata. Bukan Cuma untuk bawang, Speedy Mando juga bisa untuk mengiris bumbu dapur segar, buah, keju, kentang, ubi, almond, cokelat, dan masih banyak lagi. 

Speedy Mando aman digunakan karena sudah dilengkapi dengan plunger (penekan) dan food guider (wadah bahan), sehingga aman melindungi tangan dan semakin nyaman digunakan. Dibawah body terdapat anti-skit feed agar agar tidak licin saat digunakan. Dan grip (beberapa lengkungan) untuk penggunaan di atas bowl, agar dapat disesuaikan dengan ukuran bowl penampung irisan bahan.
Dilengkapi dengan handle, sehingga Anda bisa semakin nyaman dalam mengoperasikan produk ini.
Mudah dibersihkan. Karena semua bagian produk mudah dilepas, sehingga mudah dibersihkan.



Ichigo Complete Set Donasikan Rp.100juta


Ichigo Complete Set


Pada kesempatan yang baik ini Tupperware Indonesia akan mendonasikan Rp.100juta (seratus juta rupiah) dari hasil penjualan produk Ichigo Complete Set untuk menyediakan alat deteksi dini kanker payudara. Produk Ichigo Complete Set terdiri dari sepuluh kotak, diantaranya adalah 

  • dua pink Ichigo Large dengan ukuran 1,75L/20,5 x 20,5 x 6,4 cm, 
  • dua pink Ichigo Medium dengan ukuran 960ml/16,7 x 16,7 x  5,5 cm, 
  • dua Ichigo Round dengan ukuran 520ml/ d:15cm, t: 4,6cm, 
  • empat Petite Ichigo dengan ukuran 200ml/ 10 x 10 x 3,5 cm. Jadi, dengan membeli produk Ichigo Complete Set seharga Rp.600.000 (enam ratus ribu rupiah) Anda sudah ikut berpartisipasi dalam mewujudkan penyediaan alat deteksi dini kanker payudara.

Produk-produk keluaran Tupperware ini dilindungi oleh Tupperware Lifetime Warranty (Garansi Seumur Hidup Tupperware). Yang berarti jika produk Tupperware rusak atau cacat dalam pemakaian normal non komersial (sesuai dengan fungsinya), maka dapat diklaim untuk mendapatkan penggantiannya secara gratis di distributor terdekat. 

Acara talkshow yang sarat dengan ilmu dan sangat bermanfaat ini juga dihadiri oleh Komunitas Tau Dari Blogger. Semoga sharing ilmunya bisa diterapkan dirumah dan mulai saat ini, detik ini juga, alangkah baiknya kita membiasakan hidup sehat, bersih dan peduli terhadap sesama, mulai dari diri sendiri, keluarga juga lingkungan sekitar.


Continue reading Saatnya Untuk Peduli Bersama Tupperware Indonesia

Selasa, 23 Oktober 2018

Ayo Coba 2 Permainan Terbaru Dari Allianz Di KidZania Jakarta, Jadi Agen Rahasia Dan Atlet Panjat Gedung...Seru!


Abang Athallah, kakak Atqa dan adek Kay sebelumnya sudah pernah berkunjung ke KidZania Jakarta. Mereka sangat senang dan menikmati sekali aneka pilihan profesi yang ingin mereka ikuti. Dan setelah pulang kerumah pun ketiga anak ini masih belum bisa move on dari KidZania, mereka masih menceritakan keseruannya masing-masing...hehehee ternyata pengalaman bermain di KidZania sangat berkesan dihati mereka.

Pada Kamis lalu, 18 September 2018, saya dan anak-anak malah mendapat kesempatan untuk berkunjung kembali ke KidZania Jakarta secara gratis persembahan dari Allianz, Alhamdulillah senangnya, bisa belajar dan bermain bersama lagi di KidZania.

KidZania Jakarta adalah sebuah theme park yang mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan (edutainment) dan diperuntukan bagi anak-anak usia 2-16 tahun.

Dirancang dan dibangun khusus menyerupai kota yang sesungguhnya namun dalam skala anak-anak, KidZania Jakarta lengkap dengan jalan raya, fasilitas kota seperti rumah sakit, supermarket, salon, theater, dan masih banyak lagi.

Di KidZania Jakarta, anak-anak bisa memainkan peran atau profesi orang dewasa, seperti menjadi dokter, pilot, polisi, juru masak, ilmuwan dan lebih dari 100 profesi lain, pokoknya seru deh!

Namun kali ini kami harus pergi tanpa abang Athallah, abang harus mengikuti kegiatan pramuka disekolahnya. Walaupun abang gak ikut, bukan berarti kami gak jadi pergi ke KidZania, kami tetap pergi dong...yeeeay asyik.

Saya, kak Atqa dan Kay siap menjelajah keseluruh arena yang ada di KidZania. Jam 8.30 WIB kami sudah sampai di airport KidZania, tidak ada antrian di loket tiket jadi kami langsung masuk ke dalam KidZania setelah melewati proses pemeriksaan keamanan.


Sekitar 600 anak yatim piatu berkumpul di depan 
Metropolitan Theater of KidZania


Begitu kami masuk ke dalam ada banyak sekali anak-anak yang memakai kaos biru berkumpul didepan Metropolitan Theater of KidZania, ternyata mereka adalah adik-adik yatim piatu yang sengaja diundang oleh Allianz untuk bermain bersama di KidZania Jakarta yang berlokasi di Pacific Place Shopping Mall lt 6, Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, Kawasan Niaga Sudirman (SCBD), Jakarta 12190. Ada sekitar 600 anak yatim piatu yang menghadiri kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Allianz ini.

Kak Atqa langsung meluncur ke Teh Pucuk, padahal sebelumnya sudah pernah kesini juga...hihii, tidak perlu antri, langsung masuk. Setelah itu langsung lanjut ke Bellfoods untuk belajar membuat nugget, iyess ini salah satu makanan kesukaan kakak, senanglah dia..hahaaa. Kalau Kay langsung antusias minta bikin coklat di Silver Queen Chocolate Factory, tidak bisa ditawar lagi, sebab ini salah satu cemilan favoritnya.


Keseruan kak Atqa ke Teh Pucuk, Bellfoods dan Indomie


Keseruan adek Kay ke Silver Queen dan Indomie


Kemudian lanjut ke pembuatan mie instan Indomie, senangnya kak Atqa dan Kay bisa belajar membuat mie. Mereka menikmati proses pembuatannnya, mulai menonton video tentang Indomie, memipihkan adonan mie, mencetak adonan menjadi mie, hingga selesai. Setelah semua proses selesai, semua anak mendapatkan gaji dan 1 bungkus Indomie goreng. Wajah mereka terlihat sumringah keluar dari ruangan.

Mereka berdua sama sekali tidak terlihat lelah dan tidak lapar juga, malah semangat mau mencoba profesi lain, tapi kak Atqa haus dan air minum yang kami bawa habis, Alhamdulillah KidZania menyediakan air minum mineral (drinking water) gratis. Baru pertama kali kak Atqa minum air mineral dari keran langsung seperti ini, jadi pengalaman pertama nih buat kak Atqa. Hausnya hilang, langsung deh kita menuju lantai 1 untuk melanjutkan permainan.

Drinking water yang telah disediakan oleh KidZania

Kay malah penasaran ingin mencoba profesi pemadam kebakaran, menjadi perawat bayi dan berbelanja di supermarket dan yang menjadi incarannya adalah menjadi penari kemudian tampil di panggung theater, Alhamdulillah semua keturutan.


Adek Kay mencoba beberapa profesi


Fire Department


Selagi saya nungguin Kay mencoba beberapa profesi, kak Atqa malah minta izin untuk membuat SIM mobil mobil karena ingin menyetir mobil balap. Saya mengizinkan karena kak Atqa sudah hafal lokasinya dimana. Dan Alhamdulillah dengan berbekal uang Kizos 20 dolar, kak Atqa sudah berhasil membuat SIM mobil dan langsung antri untuk balapan, kemudian mendapat juara kedua....senangnya kak Atqa.

Kak Atqa berhasil mendapatkan SIM mobil


Walaupun harus antri untuk tiap permainan sekitar 15 - 20 menit, namun disini saya melihat anak-anak diajarkan untuk belajar bersabar menunggu gilirannya bermain.


Nah pada tanggal 18 Oktober 2018 kemarin itu bertepatan dengan Insurance Day dan Bulan Inklusi Keuangan 2018, Allianz Indonesia bergabung dengan
KidZania dan memperkenalkan establishment terbaru yaitu Allianz Secret Agent & BuildingClimbing.




Di establishment ini, anak-anak yang mengunjungi KidZania dapat menjadi agen rahasia dan atlet panjat gedung sekaligus belajar mengenai pentingnya
konsep perlindungan sejak dini.


Allianz Secret Agent (Agen Rahasia)






Merupakan wahana permainan dimana anak akan ditantang memecahkan teka-teki untuk menjadi agen rahasia terbaik di Kidzania. Apabila berhasil menyelesaikan wahana ini, anak akan diberikan Allianz Blue Card sebagai tanda keanggotaan.

Setelah selesai mengikuti permainan ini, anak-anak akan mendapatkan upah 10 Kidzos. Establishment Allianz Secret Agent & Building Climbing sendiri akan mengajari anak-anak
mengenai pentingnya perlindungan dengan perlengkapan yang dipakai selama bemain
di dalamnya. Ketika menjadi Allianz Secret Agent, anak-anak akan dibekali dengan jubah
dan perlengkapan lainnya untuk melindungi diri dalam misi memecahkan teka-teki.

Allianz Blue Card memungkinkan orangtua untuk mendapatkan berbagai promo khusus dari Allianz.


Allianz Building Climbing (Atlet Panjat Gedung)





Adalah wahana permainan building climbing yang menantang ketahanan fisik anak. Untuk bermain permainan ini anak-anak harus membayar 10 Kidzos tapi kalo sebelumnya sudah ke Secret Agent, maka tidak perlu membayar lagi.

Disini anak-anak akan dibekali dengan perlengkapan untuk menjaga anak-anak tetap aman selama bermain sebagai atlet panjat gedung.

Allianz Indonesia bergabung dengan KidZania perkenalkan konsep perlindungan sejak dini dengan cara yang menyenangkan :
Allianz Indonesia Tanamkan Pentingnya Memiliki Perlindungan sejak Dini melalui Establishment yang ada di KidZania.
• Hal ini sejalan dengan Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan yang dilakukan secara Konsisten oleh Allianz Indonesia.

Untuk establishment terbaru dari Allianz ini kak Atqa dan Kay belum sempat mencoba karena waktu sudah kesorean, tapi akan menjadi tujuan utama kami saat kami kembali lagi mengunjungi KidZania di lain waktu bersama-sama abang Athallah, pasti lebih seru.




Raihlah mimpimu setinggi langit nak!


Continue reading Ayo Coba 2 Permainan Terbaru Dari Allianz Di KidZania Jakarta, Jadi Agen Rahasia Dan Atlet Panjat Gedung...Seru!

Kamis, 04 Oktober 2018

Serunya Bermain Bersama Di Taman Kita OREO Bogor



Naik kereta api, tuut..tuut..tuuuutt... gujess...gujess...gujess...!!
Yeaay, Alhamdulillah pagi-pagi sekali kami sudah harus naik kereta dari stasiun Kemayoran menuju stasiun Bogor.

Mau ngapain? mau beli roti unyil dan asinan kah? Bukaaaan, kami mau main bersama di Taman Kita OREO Bogor doong.



Welcoming Wall Taman Kita OREO Bogor


Hari Minggu pagi kemarin, 30 Sepetember 2018, Bapak Walikota Bogor Bima Arya meresmikan Taman Kita OREO Bogor, yang berlokasi di Taman Heulang, Bogor, Jawa Barat. Acara peresmian ini juga dihadiri oleh Rick Lawrence selaku Biskuit Marketing Director Mondelez South East Asia, Maggie Effendy selaku Head od Biscuit, Mondelez Indonesia dan Rachel Angelina selaku Brand Manager Treats Mondelez Indonesia.

Taman Kita OREO ingin menghadirkan ruang di tengah masyarakat yang dapat memfasilitasi indahnya keberagaman, sesuai dengan ragam komsumen OREO yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat.

"Taman bukan untuk mempercantik kota, tapi ini merupakan fasilitas buat warga bisa terkoneksi satu sama lain. Jangan kita kalau akhir minggu cuma bergaulnya ke mal doang, nanti bangkrut, ke taman aja." pungkas Bima Arya Walikota Bogor dalam sambutannya.

Welcoming Wall yang berada didepan Taman Kita OREO merupakan penyambutan bagi tiap orang yang datang dengan keberagamannya mereka. Disitu juga digunakan ilustrasi seperti bilang ada yang suka makan remah, ada yang suka krimnya, ada yang suka cookie, ada yang suka makannya ditumpuk.

Itu sebenarnya menggambarkan berbagai kepribadian, berbagai orang, berbagai macam pilihan hidup orang, dan disini, di Taman Kita OREO ini semuanya disambut, so we are welcome basicly for everyone.


Taman Kita OREO


Tiap keluarga pasti memiliki rencana untuk menghabiskan waktu bersama anggota keluarga dan itu penting. Begitu juga dengan saya, yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, yang kesehariannya mengurus urusan rumah tangga dirumah.

Saya selalu belajar membiasakan diri saya untuk punya quality time bersama ketiga anak-anak saya, minimal 5 menit saja tiap harinya. Ngobrol santai bersama mereka sambil ngemil biskuit favorit OREO, dan yang paling asyik adalah mendengarkan mereka bercerita saat pulang sekolah. Banyak cerita seru, memposisikan diri saya sebagai sahabat mereka malah membuat mereka lebih nyaman berbagi cerita.

Tapi untuk akhir minggu, biasanya kami mencari suasana dan tempat lain untuk menghabiskan quality time kami, entah pergi renang, jalan-jalan ke mal, atau sekedar muter-muter cuci mata aja.

Beruntung kami bisa ikut menyaksikan peresmian Taman Kita OREO Bogor, tepatnya di Taman Heulang, Bogor. Baru pertama kali kami kesini, tamannya luas, rumputnya hijau, disekeliling taman pun rindang, pepohonan besar rapi berjejer disepanjang Taman Heulang ini. Tau sendiri kan biasanya anak-anak kalau lihat lapangan pinginnya langsung lari-larian...hihii. Semua tertuju pada spot-spot permainan yang ada di Taman Kita OREO.

Brand Manager Treats Mondelez Indonesia, Rachel Angelina, mengatakan bahwa Taman Kita OREO memiliki beberapa sarana utama berupa area permainan yaitu Twist (Putar), Lick (Jilat), Dunk (Celup) yang dapat dimanfaatkan untuk segala usia. Selain itu, terdapat pula berbagai fasilitas penunjang lain seperti arena bersantai dan interactive jogging track yang mendorong masyarakat untuk berinteraksi langsung sambil berolahraga.






Di area LICK yang mempunyai 3 seluncuran, yang bertujuan agar 3 anak yang bermain bersama





Jelas sekali taman ini berbeda dengan taman lainnya, kira-kira apa yang membuat beda? iyess ada kata "Kita" yang sisipkan. Bukan milik sendiri apalagi milik berdua, tapi taman ini milik kita bersama. Taman Kita OREO memiliki 2 makna, yaitu semua fasilitas yang ada ditaman ini didesain untuk mendorong interaksi antara pengguna taman. Dan taman ini adalah taman kita bersama, jadi kepemilikannya bukan milik OREO, tapi milik semua warga. Jadi diharapkan semua warga bisa bersama-sama menjaga supaya taman tetap bagus, tetap berwarna-warni, tetap terjaga seperti saat pertama dibangun.

Jadi Taman Kita OREO ini memang pada tiap sudutnya menstimulasi penggunanya untuk saling berinteraksi satu sama lain.


Taman Kita OREO sebagai Taman Bermain Bersama dan Terkoneksi


Dari data yang dipeoleh Mondelez bahwa ada study di Indonesia yang baru-baru ini ternyata rata-rata orang menghabiskan waktunya sampai 3,5 jam di sosial media. Penetilian juga menyebutkan bahwa hampir 50% penduduk Indonesia tercatat sebagai pengguna aktif sosial media.


Rachel Angelina dan DR. Juneman Abraham, S.Psi.


DR. Juneman Abraham, S.Psi. sebagai seorang ahli psikologi sosial yang dihadirkan saat acara talkshow menjelaskan bahwa ada 2 hal yang perlu kita lihat dari Sifat Interaksi, yaitu pencitraan, di sosial media kita cenderung hanya menampilkan versi terbaik kita atau the best version of our selves, jadi tidak apa adanya.Dan multitasking, dengan smartphone kita sambil berinteraksi tapi juga sambil bekerja, kita pakai aplikasi sosial tapi juga pakai aplikasi untuk produktivitas.

Kemudian 2 hal itulah yang menghasilkan komunikasi yang dangkal. Ada juga study yang menyatakan bahwa semakin banyak posting foto ataupun cerita di sosial media ada korelasinya dengan kehampaan diri

Oleh karena itu Mondelez merasa ada urgency untuk membangun fasilitas dimana orang bisa berinteraksi secara langsung.

Penelitian dari Forest Research Institute Finlandia menyatakan cukup dengan 15 menit saja orang berada di taman, maka dia sudah jadi lebih bahagia, jika lebih lama lagi berjalan di taman itu akan mulai membantu menghindari mengalirkan aliran darah dari otak ke arah pikiran negatif.

Kenapa harus ke taman? Karena adanya korelasi yang positif antara interaksi diruang publik dengan kebahagiaan seseorang juga membuat pikiran kita jadi lebih positif.

DR. Juneman bersama tim mahasiswanya membuat riset yang diterbitkan disebuah jurnal di Universitas Indonesia, mengenai Teori Shadowing dari hasil study need for green space yaitu melihat kehijauan itu menimbulkan rasa tentram. Bahwa memang ditemukan adanya joint activity di taman terbuka dan itu menimbulkan makna hidup tersendiri. Karena kita adalah mahluk sosial. Makna hidup itu diterima melalui pengakuan sesama atau interaksi dengan sesama. Nah itu kemudian yang menggerakkan kesehatan mental kita.

Taman terbuka hijau, yang ditekankan kepada kehijauannya, bahwa kehijauan ini mendatangkan suatu atmosfer tersendiri, yang memisahkan suasana taman ini dengan kebisingan (voice) yang ada diluar sana yang sehari-hari kita jalani.




Area Duduk merupakan tempat untuk santai-santai, ada jaring-jaring untuk santai, ada juga roda putaran ide. Jadi kalau ada orang bingung mau ngapain dia bisa putar roda putaran ide tadi, nanti ada tulisan keluar, apakah dia disuruh menyapa 3 orang dan mengajak ayo selfie sama 3 orang, ataupun tulisan lainnya. Jadi semuanya memang diajak untuk bermain bersama sehingga saling terkoneksi.

Anak-anak dan orang tua merupakan kelompok yang akan sangat memanfaatkan ruang terbuka hijau dibanding dengan remaja dan dewasa di taman terbuka hijau ini. Anak-anak bisa bergabung bermain, anak-anak bisa belajar saling percaya dengan orang yang beragam, beda warna kulit, beda bentuk tubuh dan sebagainya.  Disamping itu juga melatih kemampuan motorik dan gerakan mereka menjadi lebih aktif

Disamping itu juga kalau ada problem-problem dalam permainan yang perlu dipecahkan bersama, mereka bisa mulai berdialog disana.
Kita mengintegrasi antara interaksi langsung sama realita yang ada. Bahwa sekarang orang terkoneksi secara digital.


Filosofi Taman Kita OREO


Mondelez bekerjasama  dengan Integrated Design House untuk mengerjakan taman ini. Dari awal saat mau membangun taman ini berasal dari filosofinya OREO yaitu sparks, playfull, connection.

Kalau kita amati bersama, Taman Kita OREO ini memiliki keunikan tersendiri, dari :
Struktur, selain kehijauannya, kita bisa lihat dari bentuk-bentuknya (sisi arsitektur) tidak kaku, ada lengkung, mengalir, membuat suasana hidup, ada warna-warni yang melambangkan keragaman.

Fungsi, Taman Kita OREO ini merupakan sebuah arsitektur sosial, dimana setiap sudut ruang ini memancing interaksi, dan ada permainannya juga. Permainan ini menimbulkan suatu rasa yang menyenangkan. Ruang terbuka ini juga alternatif yang berbobot untuk menimbulkan bahwa taman ini bisa dinikmati.

Selain untuk berinteraksi, perjumpaan imformal, partisipasi musik, kegiatan olahraga, kegiatan kesenian, Taman Kita OREO bisa dimanfaatkan juga untuk keperluan private, meditatif, refleksi, dan merenung.








Hingga akhir tahun 2018 ini OREO akan menghadirkan keseluruhan 12 Taman Kita OREO di 12 kota di Indonesia, yaitu
Depok, Bogor, Bekasi, Semarang, Bondowoso, DI Yogyakarta, Pacitan, Solo, Kudus, Tegal, Purwokerto, Bandung.

"Untuk menambah keseruan saat melakukan aktivitas bersama di Taman Kita OREO, tak lupa kami mengajak seluruh keluarga Indonesia untuk membawa serta OREO kemasan  sachet isi 3 yang praktis untuk dinikmati dimana saja, kapan saja. Kami juga mengajak masyarakat untuk turut serta berkontribusi dalam gerakan merenovasi taman kota melalui pembelian OREO sachet ini" ungkap Rachel Angelina.

Harapan Mondelez, supaya taman ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara maksimal, taman ini bisa jadi fasilitas atau bisa memfasilitasi masyarakat dalam kebersamaan yang beragam (karena itu tentang Indonesia), supaya taman ini adalah taman kita jadi kita juga sama-sama. Masyarakat bisa merawat, menjaga dan mencintai apa yang kita sudah buat untuk kita bersama.












Continue reading Serunya Bermain Bersama Di Taman Kita OREO Bogor