Sabtu, 07 April 2018

5PM (Lima Penjuru Masjid) : Saat Hati Sudah Terpaut Pada Masjid



Dakwah kreatif dapat diwujudkan dalam berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan membuat film religi. Karena film adalah jalan yang menarik dalam mensyiarkan dakwah.

'Dia Yang Hatinya Terpaut Pada Masjid'

Menjadi tema sebuah film layar lebar religi dari Aceh, yang dalam waktu dekat akan kembali menggemparkan perfilman tanah air.

Lima Penjuru Masjid, 5 Penjuru Masjid, 5 PM atau The 5 Corners Of The Mosques merupakan film religi Indonesia terbaru 2018. Film yang disutradarai dan skenarionya ditulis pula oleh Humar Hadi, yang akrab disapa Kang Umank. 5PM ini ceritanya terinspirasi dari para pemuda yang hijrah ke masjid untuk terpaut pada sang pencipta.

Film yang diproduksi oleh Bedasinema Pictures dan Cahaya Abadi Pictures ini, akan membakar semangat dakwah Islam melalui dunia seni peran. "Film ini menjadi perjuangan bersama-sama dalam menyampaikan nilai-nilai kebaikan dan persahabatan" ujar Sang Sutradara saat menghadiri acara Gala Premiere 5PM, yang bertempat di CGV Blitz Grand Indonesia, Jakarta Pusat (6 April 2018).

Mengisahkan ada lima cowok masa kini yang hatinya terpaut pada masjid, kisah cinta yang tak selalu diawal, tapi diawali semua dari masjid karena berkumpul dengan orang saleh.
Ada Budi (Aditya Surya Pratama) seorang akademisi pemburu beasiswa, Abian (Zikri Daulay) musisi sepi order yang jago ngaji, Usman (Zaky A. Riva'i) karyawan yang sibuk dengan cicilan bulanannya, Lukman (Ahmad Syarif) pengusaha yang lagi sibuk merintis bisnis laundry kiloan dan Gani (Faisal Azhar Harahap) pemilik kontrakan sekaligus menjadi bendahara masjid.

Original Soundtrack film 5PM Penjuru Masjid merupakan album yang telah diproduksi oleh Bedasinema Record. Dalam sebuah album tersebut berisi empat buah lagu yang dijadikan soundtrack film 5PM yaitu:
  1. Penjuru Masjid (Aditya Surya Pratama),
  2. Larilah Pada Allah (Teddy Snada), 
  3. Baiturrahman (Syakir Daulay),
  4. Ayo Ke Masjid (Cast 5PM).

Proses pembuatan film ini dilakukan di wilayah paling ujung barat pulau Sumatera, dengan pengambilan objek keindahan wisata di Aceh, yang memiliki 2 masjid bersejarah, yaitu Masjid Lampuuk dan Masjid Raya Baiturahman Banda Aceh, yang merupakan daerah yang gencarnya menegakkan aturan syariat Islam.

Selain itu, yang juga menarik dari film ini adalah semua konsep sampai produksi digarap dengan Islami, serta kisahnya mengutamakan ajaran Islam yang sesungguhnya. Hal itu dibuktikan dengan tidak ada bentuk kontak fisik apapun antara yang bukan muhrim selama proses produksi sampai adegan pemain.

“Pembuatan film 5 Penjuru Masjid ini merupakan salah satu satu upaya kami dalam dakwah islamiyah dan menginspirasi orang-orang yang lalai dalam hidupnya” tutur Izharul Haq (Produser Bedasinema Pictures). Ketika pada akhirnya karya kita itu diapresiasi, itulah bonusnya.



5PM akan tayang di bioskop-bioskop saat bulan Ramadhan nanti, tepatnya 17 Mei 2018 dan menjadi momentum terbaik untuk mengajak anak muda ketika sudah selesai menonton berfikiran untuk mampir ke masjid sebentar. Mereka mempunyai kesadaran sendiri ketika mendengar suara adzan berkumandang.(dL)

0 komentar:

Posting Komentar